Pages

Sabtu, 30 Agustus 2014

spam via sms di HP

0 komentar


Artikel kali ini akan membahas tetang pesan sampah pada handphone atau HP. melalui pesan singkat atua sms yang sering terjadi di masyarakat, bukan hanya di dunia maya saja yang namanya pesan sampah, pembuat pesan ini tidak hanya dari kalangan yang sudah bisa dikatakan mahir. Tetapi, ke isengan seseorang sudah dapat membuat sebuah pesan yang notabenenya tidak penting.
    Sudah tiga tahun sejak awal kali penulis mengamati tentang laju dari dunia telekomunikasi terutama di perangkat seluler. Kemajuan yang di capai perangkat seluler tidak kalah pesatnya dengan kemajuan di dunia komputer (hardwere), sekarang hampir setiap hari pengupgratean di sektor teknologi dilakukan guna memperkuat sistem keamanan dan meningkatkan performa suatu produk.Alhasil semua prodak lama akan semakin murah harganya, sehingga hampir semua kalangan mempu memiliki perangkat elektronik.
    pesan sampah pada ponsel cenderung berbeda dengan pesan sampah pada email. Karena, pada ponsel bisanya pesan ini berupa pesan yang menyuruh pengguna untuk menyebarkan sms (pesan singkat) ke teman-temannya sehingga terjadilah pesan yang menyebar hingga sulit dilacak mana yang menjadi penyebar lainnya.

    Biasanya pesan-pesan ini akan diikuti dengan "ancaman" sehingga pengguna ponsel merasa terimidasi dan akan menuruti apa yang ada di dalam pesan tersebut. sedikit bercerita ketika saya kelas 3 SMA dahulu. saya sering menerima pesan yang berisikan semacam perintah untuk menyebarkan pesan tersebut ke teman-teman saya yang lainnya karena dalam  kalimat akhir pesan tersebut berbunyi "sebarkan ke 20 teman lainnya kalau tidak, tidak akan lulus, terbukti!!" sebagai orang yang beragama tentuh saja saya tidak akan menyebarkan pesan-pesan tersebut. karena itu merupakan suatu hal yang "konyol". Saya sebut konyol karena nasib kita bukan bergantung pada sebuah pesan, namun bergantung pada usaha dan doa yang kita lakukan.

    Hal-hal tersebut tentuh akan menjadi sebuah pesan sampah yang tidak ada manfaatnya, malah akan menimbulkan sebuah kerugian bagi kita karena kita telah mengeluarkan biaya untuk mengirimkan sms (kecuali, bagi yang pakai gratisan sms) dan tidakan tersebut juga bisa dikatan kita telah mengamini apa yang tidak semestinya kita amini.
    Memang dalam hal ini seorang user tidak akan dirugikan akibat passing or yang berbau hacking. namun, tindakan-tindakan seperti ini sejatinya sangat merugikan dan akan membuang waktu kita. Malah sekarang ini banyak orang yang mempromosikan sesuatu menggunakan layanan sms hoax ini.

Leave a Reply