Pages

Minggu, 10 November 2013

Google Page Creator Tutup Usia

0 komentar


Saran saya, gunakan Googlepages, yang menyediakan space untuk menyimpan file. Relatif lebih mudah bagi kita pengguna blogger, karena (seperti sudah pernah saya bilang) Googlepages, menggunakan Google ID juga, yang tentunya sudah dimiliki kawan-kawan pengguna Blogspot
Google SitesEntah sejak kapan, mungkin saya ketinggalan zaman. Tempat yang sering saya andalkan, terutama ketika kita sedang belajar. Ketika kita sedang membutuhkan hosting "kecil-kecilan" untuk sekedar menempatkan 1-2 file kecil untuk blog kita, ternyata telah menutup usianya lebih dini. Google Page Creator, yang pasti hari ini dan seterusnya, tidak akan menerima pendaftaran pengguna baru. Eksperimentasi Google yang mungkin lebih kita kenal dengan Googlepages ini, akan terus berda dalam Google Labs dan tidak akan pernah "lulus" dari "penggodokannya". Kata-kata yang saya kutip diatas, tak lain adalah kata-kata saya, yang dengan semangat juang 45 menawarkan sebuah opsi untuk tidak mengkhawatirkan kesulitan menyimpan file-file kecil, karena Google menyediakan tempatnya. Jika saja waktu itu, yang belum membuat akun baru, langsung mendaftar, maka mungkin kawan-kawan belum terlambat. (setidaknya saat ini masih berguna)

Tapi ini semua bukan tanpa sebab. Mengenai hal ini, Google mengutarakan bahwa Page Creator berhenti hanya sampai "kawah-candradimuka" (baca: Google Labs), karena Google ingin berkonsentrasi pada penggantinya, yang sebenarnya sudah juga bisa kita pergunakan, yaitu Google Sites. Perkenalan awal saya dengan Google sites, sekilas mengingatkan saya pada interface iGoogle. Karena belum terjelajahi dengan baik, maka pembicaraan tentang Google Sites, tidak bisa kita lanjutkan sekarang, mungkin lain kali.

Lalu bagaimana dengan pengguna Googlepages yang lama? Resapi saja kata-kata google berikut :
If you are currently a Page Creator user, you can continue to use Page Creator and your pages will automatically be transitioned to Google Sites later this year. We are committed to making this transition as smooth and easy as possible, and we will post more details as we get closer to the transition time. You can also manually move your web pages from Page Creator to Google Sites or other service providers at any time.

Diusirkah kita..? entah. Tapi semoga nanti pada akhir tahun, jangan sampai ada keluhan jika sampai diusir paksa. Karena penggusuran paksa seperti ini tidak pernah mudah direlakan begitu saja.


Mungkin manajemen pemindahan layanan oleh Google ini sedikit boleh dicontoh. Setidaknya, Google sudah menyediakan tempat lain untuk relokasi setelah "penggusuran". Dan jika dihitung sejak bulan ini, itu berarti tenggang waktu yang diberikan adalah sekitar lima bulan, sebelum kita harus rela "barang-barang" kita "dikemasi" dengan Buldozer.

Leave a Reply